Proses Seleksi Jasa Raharja

by R.Larasati

Proses seleksi pegawai yang dilakukan oleh Jasa Raharja dimulai dengan pendaftaran bagi calon pegawai yang memiliki persyaratan yang telah ditentukan yakni :

Persyaratan :

  1. Pendidikan minimal S1/D3 dari semua fakultas/jurusan terakreditasi.
  2. Berasal dari PTN/PTS berkualifikasi baik.
  3. Usia maksimal :
    • Untuk Lulusan S1 usia 29 tahun
    • Untuk Lulusan D3 usia 27 tahun
  4. Belum Menikah (dibuktikan dengan KTP dan Surat Pernyataan Belum Menikah pada saat proses rekrutmen dan Seleksi, ttd pada materai)
  5. Tidak Memiliki Saudara Kandung yang bekerja di PT. Jasa Raharja (dibuktikan dengan Surat Pernyataan, ttd pada Materai)
  6. Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia (dinyatakan pada Surat Pernyataan, ttd pada materai).
  7. Pelaksanaan tes dilakukan di Jakarta dan atas biaya sendiri.
Biasanya proses pendaftaran yang dilakukan secara online ini hanya dilakukan selama 3 hari. ya! hanya tiga hari saja, namun jangan ditanya berapa banyak orang yang ikut mendaftar dari segala penjuru tanah air, yang jelas dalam waktu tiga hari ribuan pendaftar banyak sekali yang mendaftar. 

Dalam proses pendaftaran, kita hanya diminta untuk mendownload form dalam bentuk excel yang didalamnya ada beberapa isian mengenai informasi personal seperti no.KTP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan,dan no pendaftaran. No pendaftaran, bagi calon pegawai yang baru sekali mendaftar sebaiknya dikosongkan, namun untuk calon pendaftar yang tahun sebelumnya sudah pernah melakukan proses seleksi tapi tidak lolos diisi dengan no pendaftaran yang sebelumnya. Selanjutnya adalah mengisi informasi kontak seperti alamat rumah, kota, provinsi, kode pos, no handphone, no rumah (jika ada, jika tidak dikosongkan saja), dan e-mail. Setelah informasi kontak, ada form pendidikan terakhir yang didalamnya terdapat informasi yang harus diisi seperti pendidikan terakhir D3/S1, nama institusi, status institusi (negeri/swasta), tahun lulus, jurusan, dan IPK. Form terakhir adalah tentang pengalaman kerja yang berisi nama perusahaan, jabatan, tahun (s/d), lama bekerja, dan deskripsi kerja.

Hasil dari proses awal yakni pendaftaran akan diumumkan 3 hari setelahnya, namun jangan kaget, berdasarkan pengalaman,  jika pendaftar yang ikut serta melebihi yang diduga, maka pengumuman bisa mundur sampai 3 minggu😀  seleksi awal yang saya yakini dapat membawa anda ke seleksi berikutnya adalah nilai IPK, walaupun memang dalam persyaratan yang diberikan tidak disebutkan IPK minimal yang diminta, namun berdasarkan perbincangan saya dengan peserta lain yang lolos seleksi berikutnya , bahwa IPK mereka memang tidak ada yang kurang dari 3,00 berasal dari universitas negeri maupun swasta.  Maka bisa disalahkan sedikit komentar yang menyatakan bahwa ‘IPK bukanlah segalanya’ karena pada proses seleksi Jasa Raharja IPK menjadi tiket awal anda.

Setelah lolos seleksi awal, anda akan diundang untuk mengikuti proses berikutnya yakni verifikasi data dan psikotes. Dalam proses ini anda akan diminta untuk mendownload beberapa berkas seperti form daftar riwayat hidup dan surat pernyataan. Anda juga  diminta untuk melengkapi berkas-berkas lain. Berdasarkan pengalaman, tempat dilaksanakan tes adalah di kampus STIA LAN, Pejompongan. Karena memang dibutuhkan tempat yang besar yang dapat menampung ribuan peserta. Di kampus tersebut, anda akan ditempatkan dalam kelas-kelas berdasarkan nomor pendaftaran yang akan anda dapat. Namun biasanya nama yang dimulai dengan abjad awal seperti ‘A’  ,  ‘B’ , dst menempati ruangan Auditorium, abjad berikutnya menempati kelas A, dan abjad – abjad terakhir menempati ruang kelas B. Ruang Auditorium, ruang kelas A, dan B sebenarnya berada pada satu gedung, sehingga anda akan mudah dalam mencari dan mengunjungi setiap-setiap kelas.  Peserta dengan pendidikan terakhir D3 biasanya akan memulai tes lebih awal yakni pada pukul 08.00 dan peserta S1 akan memulai tes pada pukul 13.00 ditempat yang sama .

Kisi-kisi soal psikotes Jasa Raharja yang dapat saya ingat dan saya berikan diantaranya , dalam psikotest anda akan mendapatkan soal-soal yang isinya gambar-gambar yang memiliki pola yang sama, anda diminta menemukan gambar dengan pola yang sama. Ada soal sinonim dan antonim kata, ada soal tentang kalimat pernyataan, anda akan diminta menentukan pernyataan tersebut benar atau salah, ada soal logika, ada soal matematika cerita yang juga membutuhkan logika, dan ada soal gambar, anda akan diminta meneruskan gambar dari potongan gambar yang disediakan, selain meneruskan gambar, anda juga diminta menggambar pohon dan manusia di kertas yang sama sekali kosong. Tes koran juga dilakukan pada saat psikotes. Selain diminta untuk mengerjakan soal-soal psikotest, anda juga akan diminta mengisi lembar ‘siapa aku’ di lembar tersebut anda akan lebih banyak diminta untuk menceritakan siapa diri anda, bagaimana visi dan misi hidup anda, dsb.

Hasil dari psikotes akan diumumkan sehari setelahnya, dan lusa akan dilakukan proses seleksi selanjutnya yakni diskusi kelompok dan wawancara. Untuk proses ini saya tidak bisa memberi banyak informasi, karena memang pengalaman saya tidak membawa saya pada tahap ini :p  setelah proses diskusi kelompok dan wawancara masih ada proses selanjutnya yakni tes kesehatan. Dan mungkin setelah melewati tes kesehatan anda akan menjadi pegawai PT Jasa Raharja🙂   Proses seleksi PT Jasa Raharja mulai dari pendaftaran sampai dengan informasi seleksi biasanya melalui website berikut http://www.lmfeui.com/jasaraharja  demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga sukses dalam proses seleksi pegawai PT Jasa Raharja selanjutnya.

jangan malu-malu untuk memberikan Komentar, like, tweet, plus+  :) ditunggu reaksi dan informasi tambahannya ya.