from (cileungsi) to (jakarta)

by R.Larasati

F to B a.k.a Bogor to Jakarta alias Cileungsi to Jakarta. Perjalanan yang selama 2 atau 3 minggu terakhir saya lakukan. Perjalanan yang tidak bisa disebut menyenangkan , namun dapat saya nikmati. Perjalanan yang pada akhirnya memberi pengalaman ‘kesasar’ lebih banyak dibanding ‘ga kesasar’😀 meski begitu perjalanan ini memberi inspirasi untuk saya segera menulis dan mengabarkan informasi yang saya dapat selama melakukan perjalanan. Informasi yang mungkin untuk sebagian orang tidak bermanfaat, namun saya yakin masih ada orang dibagian Cileungsi lain yang sama tidak tahu nya dengan saya sebelum melakukan perjalanan ‘mem-bolang-kan’ diri sendiri😀

Informasi pertama, bahwa mau percaya atau tidak, Perempatan Cileungsi adalah salah satu tempat yang bukan terminal yang menyediakan angkutan umum ke jakarta  paling mudah. Selama yang saya tahu sampai saat ini, ada bus jurusan langsung ke Kalideres, Blok M, Senen, dan Tanah Abang. Sekali lagi itu bus yang SAYA tahu  mungkin ada yang lain yang belum saya tahu. Belum lagi ada mini bus dan angkutan kota jurusan langsung ke Kampung Rambutan dan Cawang. Jika selama ini saya jarang ke Jakarta dan tidak dapat merasakan manfaat keberadaan bus-bus ini, maka saat ini keberadaannya begitu terasa.

Informasi kedua, ongkos ke jakarta menggunakan bus-bus ini relatif lebih murah dibandingkan angkutan umum ke Bogor😀  Bus jurusan Senen, Blok M, dan Kalideres yang pernah saya gunakan untuk pergi ke Jakarta, ongkos adalah Rp 9.000 untuk semua tujuan artinya dimana pun kita turun, ongkos yang dikeluarkan sama, namun karena penumpang yang naik memang bertujuan akhir sesuai jurusan maka ongkos tersebut tidak terlalu memberatkan, apalagi bus yang digunakan adalah bus AC yang lumayan nyaman. Coba bandingkan dengan ongkos angkutan umum ke Bogor yang rata-rata berkisar antara  Rp 8.000 sampai dengan Rp 12.000  , tanpa AC dan bus yang kurang nyaman.

Informasi ketiga, bahwa untuk mencapai gedung DPR/MPR dari Cileungsi cukup dengan menggunakan bus jurusan Kalideres dengan ongkos Rp 9.000, selain gedung wakil rakyat, bus tersebut juga melewati Gedung Manggala Wanabakti (kantor Departemen Kehutanan RI) yang memang berada di samping gedung DPR, melewati Slipi dan juga Grogol. Bukan hanya mudah menjangkau gedung wakil rakyat, untuk mencapai stasiun Senen dari Cileungsi pun cukup dengan menaiki bus jurusan Senen yang juga malewati ITC cempaka mas. Kawasan Komdak, Polda Metro jaya, The Ritz Carlton, Pacific Place, Ratu Plasa, Senayan City, SCTV Tower dan Patung Bundaran Senayan adalah spot-spot yang bisa kita lewati jika menggunakan bus jurusan Cileungsi – Blok M.

Informasi keempat, pepatah yang menyatakan ‘malu bertanya sesat dijalan’ memang sangat benar diterapkan dalam sebuah perjalanan, namun sebaiknya anda juga perlu sedikit men ‘cek n ricek’ apakah informasi yang anda dapatkan dari seseorang tentang tujuan anda benar? sebelum mengeksekusi informasi yang didapatkan sebaiknya tanyakan hal yang sama dengan orang lain, karena berdasarkan pengalaman saya, bahkan polisi yang saya tanya memberikan informasi yang salah dan akhirnya seorang kakek baik hati yang tidak terlihat berpengalaman di jalan yang memberikan informasi yang tepat.  Jangan menilai seseorang dari penampilan ternyata juga berlaku untuk menanyakan alamat tujuan kita😀

Demikian laporan hasil perjalanan saya selama 3 minggu terakhir🙂 salah satu hal yang saya dapatkan bahwa sekalipun sebuah perjalanan tidak menyenangkan, namun masih ada hal yang akan bisa kita nikmati. percayalah🙂