Zonasi Cagar Biosfer Cibodas

by R.Larasati

Secara administratif, wilayah Cagar Biosfer Cibodas dan area inti TNGP terletak di tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi dengan batas wilayah luar adalah jalan lingkar Ciawi, Puncak, Cianjur, Sukabumi, Ciawi. Sebagian besar wilayah ini adalah hutan hujan tropis dan pada wilayah penyangga merupakan wilayah pemanfaatan dan pemukiman penduduk. Curah hujan rata-rata tahunan berkisar 3,000 – 4,200 mm/tahun sehingga termasuk dalam salah satu kawasan terbasah di pulau jawa. Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober hingga Mei. Secara geografis kawasan ini terletak pada 106051’ – 107002’ BT dan 6041’ – 6051’ LS (Budianto  2006).

Gambar dibawah memperlihatkan zonasi wilayah Cagar Biosfer Cibodas. Cagar Biosfer Cibodas memiliki tapal batas yang cukup jelas yaitu batas untuk daerah inti dan batas terluar dari area transisi, namun batas antar zonasinya belum lengkap.

Zonasi Cagar Biosfer Cibodas (Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)

Batas luar kawasan Cagar Biosfer Cibodas adalah jalan raya antara Ciawi-Sukabumi-Cianjur-Puncak-Ciawi. Jalan raya beraspal ini dapat menjadi batas area transisi. Batas yang jelas lainnya dari Cagar Biosfer Cibodas adalah batas area inti yaitu batas TNGP. Batas area inti berupa taman nasional ini telah di tapal batas, namun zona penyangganya belum ada batasnya di lapangan. Pal batas zona panyangga memang tidak diperlukan, namun batasan prinsipnya diketahui bersama oleh pemangku kepentingan terutama yang berada di zona penyangga dan area transisi (Purwanto   2008).

Kawasan TNGP terbagi dalam tiga wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi (45 %),  Kabupaten Bogor (20 %), dan Kabupaten Cianjur (35 %).  Taman nasional ini berjarak sekitar 110 km dari Jakarta. TNGP terdiri dari dua puncak gunung yaitu Gunung Gede dengan ketinggian 2,958 mdpl dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 3,019 mdpl serta memiliki tingkat kelerengan yang sangat curam (Siregar  2007).

DAFTAR PUSTAKA

Budianto.  2006.  Pengembangan Wisata di Wilayah Cagar Biosfer Cianjur. ECOMAP Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango : 6-7.

Purwanto Y.  2008.  Rencana Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas.  Sarasehan Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas Sebagai Daerah Tujuan Wisata Alam, Hotel Pangrango 2 Bogor, 23 Desember 2008.

Siregar CH.  2007.  Potensi serapan Karbon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Jawa Barat. Info Hutan IV No. 3 : 233 – 244