Zonasi Taman Nasional

by R.Larasati

Taman nasional dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, serta menunjang budidaya, kebudayan, dan pariwisata. Sistem zona merupakan penataan kawasan taman nasional berdasarkan fungsi dan peruntukannya sesuai kondisi, potensi, dan perkembangan yang ada (Ditjen PHKA,  2007. Lebih lanjut penjelasan mengenai zonasi taman nasional dijelaskan sebagai berikut :

Zona inti merupakan zona yang berfungsi untuk perlindungan mutlak dan tidak diperkenankan adanya perubahan apapun oleh kegiatan manusia, serta perubahan dan perkembangan yang terjadi berjalan secara alami tanpa campur tangan manusia, kecuali untuk kegiatan penelitian, pamantauan, perlindungan, dan pengamanan.

Zona rimba (daratan) atau zona bahari (perairan laut) merupakan zona yang berfungsi untuk penyangga zona inti dan di dalamnya hanya dapat dilakukan kegiatan sebagaimana pada zona inti, serta dapat dikunjungi oleh pengunjung untuk kegiatan rekreasi terbatas. Di dalam zona rimba atau di dalam zona bahari dapat dilakukan kegiatan pengelolaan seperti pembinaan habitat dan populasi satwa/tumbuhan, pembuatan jalan setapak, menara pengintai/pengawas, pondok jaga, dan sarana kemudahan wisata.

Zona pemanfaatan merupakan zona yang di peruntukkan menampung aktivitas pengunjung atau kegiatan pengelolaan. Di dalam zona pemanfaatan dapat di bangun sarana akomodasi untuk keperluan pengunjung (bumi perkemahan, wisma tamu, jalan, dan tempat parkir, serta pusat informasi dan sarana prasarana penunjang lainnya), sarana pengelolaan taman nasional (kantor, stasiun penelitian, dan sarana prasarana penunjang lainnya). Sarana yang dapat dibangun di batasi luasnya, yaitu maksimum 10% dari luas zona pemanfaatan. Zona pemanfaatan juga dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan penangkaran jenis untuk menunjang kegiatan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan restocking.

DAFTAR PUSTAKA

Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam (Ditjen PHKA). 2007. Informasi 50 Taman Nasional Di Indonesia.  Bogor : Sub Direktorat Informasi Konservasi Alam (Bogor) Dan Lestari Hutan Indonesia.